Thursday 6 March 2008

Bagi yang mau melihat turbo lag

Banyak orang yang tidak percaya sama turbo lag...
Keadaan di mana mesin turbo walaupun ditekan habis throttle gasnya tetap tidak bergeming. Yang mengendarainya tentu saja menderita lahir batin :)

Di bawah ini adalah video yang menunjukkan penderitaan pengemudi mobil turbo yang kena turbo lag:





Bagi yang mobilnya ada turbo, jangan marah ya :)
Sudah ada solusinya koq

*iklan mode on*

6 comments:

  1. cara bawanya dong yang salah, kalau mobil bensin turbo, diinjek abis.apalagi kalau sudah di tune or upgrade turbo.kalau nge gasnya dipirit atau diurut pasti lag abis.
    ya, solusinya pasang ALS. belom pernah bawa evo yah? atau mobil bensin turbo, baik add on atau bawaan pabrik?
    tdk bisa hanya melihat dari video, harus praktik!

    ReplyDelete
  2. Bro,
    Thanks atas commentnya.
    Yg melakukan test di video itu adalah orang yg kerjaan sehari-harinya test. Jadi jelas, dalam akselerasi awal, mobil turbo kalah sama normally aspirated. Setelah turbo bekerja (makin besar turbonya makin gila turbo lagnya), mobil bensin / diesel turbo akan menyusul mobil normally aspirated. Itu sudah bawaan sononya. Makanya mobil turbo di bawa macet? kesian deh... menderita. Lebih smooth mobil normally aspirated.

    Belum pernah bawa bensin turbo, saya memang belom, apalagi evo ... hehehe. Tapi saya sudah sering pakai mobil turbo diesel. Walaupun saya punyanya diesel normally aspirated.

    ReplyDelete
  3. honestly, R34 nismo 2007. jauh dari comment anda loh..!! serigala berburu domba. smooth untuk jalanan kota jakarta. untuk akselerasi atau top speed, ya tdk usah ditanyalah.
    saya heran, knp anda mengkompare kendaraan turbo dan NA di waktu macet? apakah kalau macet kita membutuhkan akselerasi? hanya kesabaran yang kita gunaka.
    atau anda ingin mengkompare untuk start di jalanan kosong dengan NA?ada yang namanya launch control, anda tahu?
    juga jangan samakan turbo diesel dengan turbo bensin. apalagi turbo diesel yang beredar di indonesia. turbo diesel untuk lagging diturbonya sangat kecil sekali.paling telat turbo di diesel hanya jeda 1 detik.apalah artinya.
    ok bro, thx.
    _anonymous tuner_

    ReplyDelete
  4. OK, artinya R34 nismo 2007 Punya turbo lag yang kecil.
    Kalau saya ditanya, kenapa saya mengcompare mobil turbo dan n/a di jakarta yang macet, jawabannya adalah, dalam kondisi stop and go, mobil n/a jauh lebih gesit. Selap-selip lebih gampang, tanpa kawatir nyeruduk mobil di depan/samping karena 'ndut ndutan. Tanpa ada lag. Berarti stop and go lebih santai.

    Bila anda bilang jeda turbo 'hanya satu detik'. Berarti turbo diesel punya kerugian satu detik dibanding diesel n/a dong? Walaupun nantinya dikompensasi dengan akselerasi yang lebih baik setelah boost threshold/lag lewat:D

    mobil turbo enak untuk ngebut di jalur lurus, sedangkan mobil n/a jauh lebih enak untuk sodok-sodokan dikeramaian lalu lintas....


    -bukan tuner-

    ReplyDelete
  5. tidak ada gejala endut-endutan juga.mungkin kalau endut-endutan si driver skillnya masih seumur jagung mungkin.
    1 detik no problem lah, bukan untuk race juga.
    ada pemikiran yang lain?

    ReplyDelete
  6. 1 detik berarti:

    ketinggalan 11.1 meter bila mobil berjalan 40 km per jam

    atau

    ketinggalan 16.6 meter bila mobil berjalan 60 km per jam :)

    ReplyDelete