Monday 6 October 2008

Posting jadul dari turboman (part VIII)

--- In otomotif-l@yahoogroups.com, "aandysh" wrote:

Kijang LGX 2000 cc gasoline 1-RZ is a gas guzzler car, cousin saya
dulu punya, pada tahun ke 4 konsumsi BBM dalam kota jadi 1:5 - 1:6,
padahal kondisi mobil standard, ban standard, oli Repsol semi synth.
10W-40 driving style smooth, akhirnya dijual.

Kijang kapsul 1800 cc 7K EFI = menurut keterangan salah 1 member di
TKCC sistem injeksinya mirp BOSCH K-Jetronic spt di Mercy Tiger (era
80 an) dimana bensin ngocor terus, volume based only dan bukan
menyemprot secara pulsatis mengikuti buka - tutup klep spt mesin EFI
modern, akhirnya menjadi gas guzzler car juga walau enggak separah si
1RZ (CMIIW).


Kijang kapsul Diesel :

Kekurangan : suara mesin agak mengaung di RPM menengah, tetapi sudah
bisa diatasi dengan penggunaan Cetane booster yg berkualitas, suara
ngaung berkurang drastis.

Dengan Rizor Max. 1 & 2A saja (belum pakai RFP) middle acceleration 90
- 120 km/jam di tol kebun Jeruk saya pernah menempel Innova 2.0 VVT-i :D

Konsumsi BBM dengan solar yg berkualitas baik & cetane booster dosis
normal = luar kota dapat 1:15, dalam kota 1:10 - 1:11 <--- ini utk
mobil yg sudah berumur 4 tahun lebih !!

Low end Torque besar, masuk gigi 1, lepas kopling tanpa injak gas
mobil bisa jalan sendiri pelan2, mesin jalan smooth & nggak getar.

Dengan mesin yg sgt bandel, practically maintenance free, spare parts
relatif murah, mobil ini boleh dibilang Almost Perfect, kekurangan
hanya suara agak ngaung di RPM menengah, tetapi sudah bisa diatasi
dengan additive solar yg OK, saya benar2 bingung resale value nya bisa
kalah dengan Kijang kapsul 1.8 EFI....... LOL



Avanza / Xenia :

Irit, pajak tahunan murah, akselerasi gesit. Tapi konon RPM rendah
agak endut2 an dan bantingan ga seenak Kijang kapsul. Kalau buat
bujangan en nyetirnya dalam kota doank sih boleh laaaa :D



Panther LS :

Same as good as Kijang Diesel kapsul. Utk ride quality (comfort
factor) Panther lebih baik sedikit dr Kijang kapsul, Kijang kapsul
menang di handling.

Suara mesin = stasioner memang cukup terdengar, tetapi coba larikan di
atas 80 km/jam, apalagi jika mengunakan Maximizer dan ban yg low noise
spt Dunlop SP 2000.

IMHO : Panther kapsul justru suara dalam kabin paling senyap kalau
lari antara 80 - 110 km/jam (CMIIW).



Demikian sekedar sharing


A.S.







--- In otomotif-l@yahoogroups.com, "Deri Haroen" wrote:
>
> Dengan pertimbangan hemat biaya BBM dan hemat biaya perawatan, saya
> tambahkan pilihan lain dengan range harga Kijang LGX 2002 dan Avanza
G 2006
> : Isuzu Panther LS 2004 Face Lift
> Konsumsi BBM dalam kota 1:12, luar kota 1:14
> Perawatan rutin hanya perlu ganti oli dan filter, tidak perlu tune-up
> Untuk mendapatkan akselerasi dan top speed sebanding - bahkan
melebihi -
> kedua kandidat lainnya, hanya perlu melakaukan instalasi Rizor Maximizer
>
> Semoga membantu ... dan tambah bingung :-D
>
> thx n rgds,
> Deri
>
--- End forwarded message ---

No comments:

Post a Comment